Langsung ke konten utama

Pesona Bukit Pengilon Yang Istimewa


Pesona Pantai Bukit Pengilon di Balong, Gunungkidul

Pengilon Hill merupakan perbukitan yang luas yang di tumbuhi oleh rumput yang hijau dan seperti di Padang rumput.
Nama dari Bukit Pengilon ini diambil karena ada batu yang menyerupai Pengilon atau dalam bahasa Indonesia adalah cermin
Pesona Pantai Bukit Pengilon di Balong, Gunungkidul


Pantai Bukit Pengilon ini tidak seperti halnya pantai di Gunungkidul lainnya yang mempunyai hamparan pasir putih nan luas, namun di sini hanyalah bukit yang dengan hamparan rumput nan hijau dan di sisi sebelah selatannya adalah laut luas.


Pemandangan Apa saja yang menarik kala ke Bukit Pengilon ini??


Yang menarik dari bukit Pengilon ialah suasana di kaki dari gunung api purba Batur dengan angin khas laut selatan dengan hamparan rumput yang hijau dan cocok sekali untuk berkemah atau camping di sini. Perpaduan nuansa alam dan laut di sini sangat begitu mempesona bagi setiap pengunjungnya. Walaupun medannya sangat sulit menuju bukit pengilon namun perjuangan kita tidak akan sia-sia dengan sajian pemandangan di bukit pengilon ini.



Perjalanan Menuju Bukit Pengilon

Perjalan Menuju Bukit Pengilon ini sebaiknya melalui jalur wediombo seperti di atas kemudian melewati jalan corblok yang kanan dan kirinya adalah ladang warga penduduk atau kalau Anda merasa kebingungan anda bisa bertanya ke warga setempat. Kalau kita sopan pasti mereka memberikan informasi yang kita butuh kan.


Selain melewati jalur wediombo kita bisa juga melalui jalur depan balai desa Balong keselatan melalui jalan cor blok jaraknya kurang lebih 6km.


Untuk tiket masuk ke Bukit Pengilon ini cukup membayar Rp. 5.000; di pos retribusi serta tarif parkir untuk Motor Rp. 2.000, serta Mobil Rp. 5.000, sangat terjangkau bukan wisata ke Pantai Pengilon dan sekitarnya ini.


Dari parkiran Pantai Watu Lumbung kita bisa melanjutkan dengan berjalan kaki dengan jalan yang cukup terjal, selain itu jalan setapak ini cukup sempit dan kanan kiri ada yang jurang. Perlu kewaspadaan ketika melewati area ini.

Pesona Pantai Bukit Pengilon di Balong, Gunungkidul

Perjalanan Mengikuti jalan ketika kita ingin turun ke pantai Watu Lumbung setelah ada warung kecil (toilet) kalau kebawah ke jalur pantai Watu Lumbung kita ambil ke arah barat nanti tanya aja sama penduduk setempat. Hanya ada satu jalur setapak kecil itu saja jalan yang harus di tempuh tidak usah takut kesasar.


Di sepanjang perjalanan menuju bukit pengilon kita berada di kaki bukit gunung api purba Batur dan di sebelah selatan kita adalah laut lepas. Di dalam perjalanan kita tidak akan merasa capek karena pemandangan alam seakan menghipn0tis kita.


Disini kita akan menjumpai gubug-gubug para petani yang di buat singgah ketika mereka sedang beristirahat.


Setelah cukup lama menempuh perjalanan yang terjal dan banyak semak belukar sampailah kita pada bukit pengilon.


Dari atas bukit pengilon kita bisa melihat ke arah barat Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung sedangkan kalau kita melihat ke sisi timur disana kelihat begitu jelas Pantai Wediombo dan juga Pantai Watu Lumbung. Sungguh luar biasa kala kita juga bisa melihat kapal tongkang yang melintas di perairan samudera Hindia ini.

Pesona Pantai Bukit Pengilon di Balong, Gunungkidul

Pantai Bukit Pengilon ini juga bagus untuk spot memancing dan juga tempat camping namun jaga lingkungan kita ya kalau kita melakukan kegiatan di tempat ini.


Fasilitas di bukit Pengilon sama sekali belum ada jadi lebih baik untuk membawa perbekalan dari rumah ya seperti makanan juga minuman karena medan yang sangat sulit dan jauh bakal menguras tenaga banget nih. Terutama kalau Anda berencana untuk camping disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bukit Cinta Diklaten Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Memandangi alam dari dataran tinggi menjadi salah satu favorit masyarakat, terbukti pada akhir pekan ini, Minggu (1/4/2018) siang, Bukit Cinta, Bayat, Kabupaten Klaten dipadati oleh wisatawan lokal. Lokasi wisata Bukit Cinta terletak kurang lebih 19 kilometer dari pusat Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, tepatnya di desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat. Tak hanya warga Klaten saja yang kunjungi tempat wisata ini, namun beberapa pengunjung mengaku berasal dari luar kota. "Emang sengaja mau berwisata ke sini, baru sekali ini sih penasaran, lihat di foto teman jadi tertarik," ujar warga Boyolali, Kirana, yang kunjungi Bukit Cinta bersama keluarganya. Tersedia beberapa spot menarik yang dijadikan para wisatawan bergaya di depan kamera. "Pemandangannya indah juga, kan bisa melihat luas ke sekelilingnya jadi relaksasi otak gitu deh," tutur Kris, jelaskan alasannya mengunjungi Bukit Cinta. Sebelum pengunjung naik menuju Bukit Cinta, pepohonan r